AO (Academic Orientation) FEP Binus University

Hallo semuanya, pada kesempatan kali ini saya bakalan nyeritain pengalaman saya selama mengikut Academic Orientation, bagi kalian BINUSIAN pasti tau dong yang namanya Academic Orientation atau biasa disingkat AO, AO sendiri bertujuan agar para calon mahasiswa/i tidak kaget saat mengikuti kegiatan pembelajaran di BINUS karena AO sendiri isinya meliputi pengenalan materi yang akan dihadapi para MABA(Mahasiswa Baru) dan pengenalan Dosen yang akan mengajar kami.

source : SoCS Website

source : SoCS Website

kegiatan ini menggambarkan bagaimana kita mempersiapkan dan menjalani perkuliahan semester awal nantinya. Saya ditempatkan di kelas LG01, jurusan Teknik Informatika. Di hari pertama pra kuliah ini kami saling mengenalkan diri terlebih dahulu, walaupun tidak  banyak yang saling kenal karena banyak dari BBN01 sedangkan saya di FBN01 jadi isi kelas ini campur dari beberapa dari kelas GO yang lain. Di kelas ini kami memiliki tujuan dan keinginan yang sama di masa depan nanti,yaitu paham bagaimana sistem perkuliahan di binus. Dalam perkuliahan di Binus University kami harus terus mengecek Binusmaya untuk membantu kita dalam aktifitas perkuliahan.  Misalnya, pengumuman dari kampus, meng-upload tugas, melihat materi yang akan di bahas oleh dosen, jadwal kuliah, dan masih banyak lagi. Selama 6 hari saya di Academic Orientation ini saya banyak di beri materi yang sangat membantu, yaitu bagaimana cara menjadi seorang manajer yang baik, mengatur waktu dengan baik, pembelajaran dengan mind map, menganalisa jadwal agar tidak terlambat, presentasi, dll.

AO sendiri berlangsung selama kurang lebih 2 minggu, selama AO kami dikenalkan tata tertib,dosen, dan materi yang akan kita pelajari selama di BINUS, AO sendiri seperti simulasi atau sebagian besar orang mengakatakan masa PraKuliah.Kami dikenalkan yang namanya kode dosen, karena setiap dosen di BINUS pasti memiliki yang namanya kode dosen.AO sendiri sangat seru karena kita dapat bertemu teman teman baru dan bisa merasakan seperti apasih kuliah di BINUS, dan mendapatkan banyak pengalaman berharga.

Hari demi hari saya lewati bersama teman teman dengan semangat, walaupun ada di suatu hari saya terlambat masuk kelas karena antri lift di BINUS yang sangat ramai dengan lift yang berjumlah 3  karena 3 lift lainnya(lift tambahan) sedang dalam proses pengerjaan.Saya mendapat banyak benefit mengikuti Academic Orientation dari BINUS karena selain itu memang wajib karena di BINUS setiap MABA harus menjalani  3 orientasi yaitu:

1.GO(General Orientation) – selama 2 hari (karena saya batch FBN)

2.AO(Academic Orientation) – selama 2 minggu

3.CLO(Campus Life Orientation) – selama 1 semester

Pada hari terakhir AO kami mendapatkan tugas untuk membuat BLOG yeay!, blognya harus dibuat di situs http://www.blog.binusian.org, mendaftarnya juga harus dengan email yang dimiliki setiap mahasiswa baru seperti mahasiswa@binus.ac.id baru setiap mahasiswa bisa membuat blog dengan domain blog.binusia.org, blog tersebut harus diisi dengan 4 materi yaitu tentang :

1.HTTP

2.General Orientation

3. Organizational Skill

dan blog paling lambat dikumpulkan pada tanggal 24 September 2016

Selama saya mengikuti AO saya jadi mengerti dilantai dimana letak Lab Komputer yang digunakan saat praktek, kelas besar, dan kelas kecil.Intinya tujuan AO ini sebagai pengenalan kepada setiap MABA tentang jurusan yang dia ambil.

Mungkin sekian cerita pengalaman saya selama General Orientation, semoga bermanfaat.

Terimakasih

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *